Dinkes Papua – Dinas Kesehatan Provinsi Papua pada tanggal 15-16 Desember 2022 menyelenggarakan kegiatan advokasi dan sosialisasi kebijakan transformasi kesehatan dalam pembangunan kesehatan dengan mengangkat topik isu strategis nasional yang akan dituangkan dalam draft RPJMN tahun 2024-2029. Pertemuan yang dilaksanakan di wilayah Abepura Kota Jayapura ini mengundang Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kota dan Direktur Rumah Sakit dari 29 Kabupaten/kota di Provinsi Papua dan 3 Daerah Otonomi Baru (DOB) yakni Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah dan Provinsi Papua Pegunungan.

“Sosialisasi ini diharapkan dapat mensinergikan antara permasalahan kesehatan ganda yaitu berbagai permasalahan kesehatan dari sisi penyakit menular dan tidak menular serta degeneratif sesuai dengan kondisi kontekstual di wilayah Provinsi Papua”, tutur DR.Robby Kayame,SKM,M.Kes sebagai Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua dalam sambutannya pada sesi pembukaan acara advokasi ini.

Menurut DR.Robby Kayame,SKM,M.Kes, sinergitas dalam implementasi pembangunan kesehatan sangat diperlukan kabupaten/kota dalam manajemen permasalahan pelayanan kesehatan secara kontekstual, terutama bagi DOB yang akan mengelola pembangunan kesehatannya secara mandiri dan berkesinambungan.

“Sosialisasi ini diharapkan menjadi bekal bagi kabupaten/kota sebagai upaya penyusunan rencana strategis tranformasi pelayanan terutama dalam menyongsong implementasi pelayanan kesehatan di DOB dan upaya sinergitas rencana strategis Provinsi Papua dan 3 DOB dalam RPJMN tahun 2024-2029”, kutip Kepala Subbag Program Dinkes Papua selaku ketua panitia kegiatan.

Pada akhir acara, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua berpesan untuk memberikan perhatian lebih pada draft RPJMN tahun 2024-2029 dalam penyusunan rencana strategis Provinsi dan kabupaten/kota dan tidak lupa beliau mengucapkan selamat Natal dan Tahun baru pada seluruh peserta sembari berpesan agar pelayanan kesehatan dapat dilaksanakan dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab.