DESIGN PROTOKOL KESEHATAN PENYELENGGARAAN PON XX 2021 PAPUA

JAYAPURA – Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Provinsi Papua yang tinggal 93 hari lagi akan menjadi ajang olahraga nasional terakbar pertama di tengah pandemic COVID-19. Berbagai persiapan telah dilakukan sejak Pandemi COVID-19 yaitu pada bulan maret 2020 terutama terkait Protokol Kesehatan guna pencegahan dan pengendalian COVID-19. Masuknya varian Delta virus COVID-19 dari India menyebabkan penderita COVID-19 di Indonesia melonjak cepat. Varian Delta yang lebih cepat dan lebih ganas penyebarannya ketimbang varian Alpha mengakibatkan belasan ribu orang terinfeksi. Oleh sebab itu Dinas Kesehatan Provinsi Papua selaku Panitia Besar (PB) PON Bidang Kesehatan membuat design protocol kesehatan penyelenggaran PON XX salah satunya yaitu seluruh atlit yang akan bertanding serta pihak terkait lainnya untuk divaksinasi COVID-19 dan dilakukan tes COVID-19.

Design protocol kesehatan penyelenggaraan PON XX ini dipaparkan secara langsung oleh PB PON Bidang Kesehatan pada Rapat Koordinasi melalui Virtual pada hari Rabu, 30 Juni 2021 yang dihadiri oleh berbagai pihak diantaranya : Pihak Kementrian Kesehatan RI, PANWASRA PON XX, Koordinator Bidang Kesehatan dari empat Cluster, KKP, BASARNAS, dan anggota PB PON lainnya. Kepala Dinas Kesehatan selaku Koordinator Bidang Kesehatan dan Doping, Dr. Robby Kayame, SKM,M.Kes saat membuka pertemuan ini mengatakan “dibutuhkan kerjasama dari semua pihak dalam penanganan Covid-19 ini terutama di 4 Cluster tempat penyelenggaraan PON XX Papua akan berlangsung dan diharapkan cakupan vaksinasi mencapai angka 80%”.

Selain itu dalam pemaparan design yang disampaikan oleh Sekretaris Bidang Kesehatan dan Doping PB PON XX, BSc Ellianus Tabuni,Mgr.,MSc menjelaskan tentang bagaiamana pengaturan proses mulai dari kedatangan, pelaksanaan pertandingan, sampai saat atlit dan Official kembali ke daerah asal sesuai dengan Protokol kesehatan yang telah disiapkan.

dr. Demus Kogoya selaku Koordinator Sub. Bidang Covid-19 menambahkan “segera akan dilakukan Vaksinasi pada bulan Juli ini bagi Altit, Official, Panpel, serta masyarakat disekitar venue yang tersebar di empat Cluster yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke”.