Pelaksanaan Sertifikasi Internasional Kemampuan Bahasa Inggris TOEIC 2023 di SMAKES Jayapura

0
65
Suasana TOEIC yang diselenggarakan oleh SMAKES Jayapura

JAYAPURA PAPUA – Era society 5.0 merupakan penyempurnaan dari berbagai macam konsep yang sudah ada sebelumnya di era 1.0 sampai dengan 4.0. Era 5.0 ditandai dengan penggunaan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), dan robot guna menciptakan kemudahan bagi segala kebutuhan masyarakat. Pendidikan menjadi salah satu area yang terpengaruh oleh era 5.0 yang menuntut kemampuan literasi digital dan keterampilan teknologi, dan memungkinkan pendidikan jarak jauh dan pembelajaran daring.

Secara keseluruhan, era 5.0 mengubah cara manusia berinteraksi dengan dunia sekitar dengan dampak signifikan pada berbagai bidang kehidupan. Dalam era 5.0 bahasa asing terutama bahasa inggris menjadi semakin penting sebagai alat komunikasi global dalam bekerja sama secara efektif dan mengakses sumber daya dan informasi yang lebih luas. Oleh karena itu kemampuan bahasa asing menjadi keterampilan yang sangat penting.

Dalam  rangka meningkatkan daya saing global di tengah perkembangan era ini, Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) kembali menyelenggarakan kegiatan fasilitasi peningkatan kompetensi dan sertifikasi Bahasa Asing siswa SMK dengan Test of English for International Communication (TOEIC).

Tahun ini, SMK Negeri Kesehatan (SMAKES) Jayapura telah mengikutsertakan sebanyak 30 siswa-siswi untuk mengikuti seleksi VIERA, sebuah tes yang dilakukan untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris seseorang dan kesiapan dalam mengikuti International standardized test, yang seluruhnya dinyatakan lolos seleksi.  Sebelum para siswa menjalankan ujian bahasa Inggris internasional dengan TOEIC, ada periode Pembelajaran yang diberikan oleh tim Sertifikasi TOEIC selama kurang lebih satu bulan. Selama periode Pembelajaran, siswa-siswi bisa mengikuti sesi video conference dengan ETS Approved Facilitator, Dini Larasati dan Luthfi Ibrahim beserta tim, melalui Zoom dan live streaming YouTube. Paket materi pembelajaran dan persiapan TOEIC juga diberikan dalam bentuk TOEIC Practice Book-Digital Version agar siswa-siswi siap menghadapi ujian.

Siswa-siswi serius dalam mengikuti TOEIC di salah satu ruang kelas

Pelaksanaan TOEIC pada tanggal 30 Agustus 2023 lalu telah diselenggarakan oleh SMAKES Jayapura bagi 30 siswa-siswi yang telah lolos seleksi. Pengalaman teknis persiapan dan selama pelaksanaan berjalan baik dan lancar. Diharapkan agar program ini dapat dilaksanakan setiap tahun dan siswa-siswi yang mengikuti tes dapat lulus dan memperoleh sertifikat.

Testimoni sekolah; (1) sangat membantu dalam mengukur kemampuan guru dan siswa, (2) menambah wawasan guru dan siswa tentang berbahasa inggris yang baik.

Testimoni siswa; (1) kemampuan bahasa Inggris siswa makin meningkat, (2) siswa antusias mengikuti program ini.

Sumber berita: https://smknkesehatanjayapura.sch.id/pelaksanaan-sertifikasi-internasional-kemampuan-bahasa-inggris-toeic-2023-di-smk-n-kesehatan-jayapura/