Update Covid-19 di Provinsi Papua 29 Maret : Positif Corona Bertambah 2 Jadi 9 Kasus

Data hari ini, Minggu 29 Maret 2020, Pukul 19.00 Wit, jumlah pasien positif Corona di Papua bertambah 2 kasus. Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) juga melonjak signifikan, dari 2311 menjadi 5569 orang.
Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Papua (dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K) selaku Juru bicara Satgas Penanggulangan Covid-19 Papua, tambahan 2 kasus positif Covid-19 di temukan di kabupaten Mimika.

“ Untuk data per tanggal 29 maret 2020 pukul 19.00 wit, ada penambahan dua kasus positif, dari 7 kasus menjadi 9 kasus, dua kasus baru di temukan di Kabupaten Mimika”, terang Juru Bicara (Jubir) Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K) Minggu (29/03/2020) malam.

Dijelaskan juga bahwa 9 pasien positif tersebut tersebar di 3 Daerah, yakni 5 pasien di kota Jayapura, 2 pasien di Kabupaten Merauke dan 2 pasien di kabupaten Mimika. Sembilan pasien positif Covid-19 saat ini sudah di isolasi di rumah sakit dan dalam pengawasan tim medis selama 24 jam.

“ Sampai hari ini sembilan pasien masih kita rawat, belum ada yang keluar, namun semua dalam kondisi yang stabil, berkisar antara sakit ringan sampai sakit sedang, “ Ungkap dr. Silwanus.

Selain jumlah kasus positif yang bertambah, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Papua juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari 2.311 menjadi 5.569.

“Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) kita juga bertambah 3.258 sehingga total saat ini menjadi 5.569 kasus di seluruh Papua. Jumlah ODP meningkat berdasarkan rekapan sebelumnya. Jumlah ODP paling banyak kami terima dari KKP Jayapura yaitu sebanyak 4.087, sementara data dari Kabupaten/Kota di Papua sebanyak 1.482 orang” ungkap dr. Silwanus.

Sementara itu untuk jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) bertambah 3 orang, namun disaat yang bersamaan 3 orang yang negatif dipulangkan sehingga jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Papua masih tetap 43 orang.
“Kita ada tambahan 3 orang namun ada juga 3 orang yang pulang sehingga total kita masih 43 kasus. Tambahan 3 orang ini diantaranya di Kabupaten Biak Numfor 2 orang dan Kota Jayapura ada tambahan 1 orang” ungkap dr. Sumule.

dr. Sumule juga mengungkapkan bahwa dirinya sangat berharap dengan adanya data peningkatan ODP yang signifikan ini, warga di Papua harus betul-betul memahami bahwa penyebaran virus ini masih menjadi masalah serius di Papua“.

Dirinya berpendapat bahwa, Garis depan untuk memutuskan penyebaran virus ini ada di tengah-tengah masyarakat, kalau petugas kesehatan itu mereka adalah pertahanan terakhir. Untuk itu mari kita sama-sama jaga agar pertahanan ini jangan jebol.

“Patuhi semua anjuran dari pemerintah dengan tetap tingal di rumah, jaga jarak bila harus terpaksa keluar, serta tidak melakukan kontak fisik dengan orang di luar rumah, saya pikir kalau itu bisa kita lakukan bersama-sama dengan baik maka masalah ini bisa kita atasi bersama, “ ungkap dr.Silwanus Sumule.