Dinkes Kota Jayapura Adakan Pelatihan BHD untuk Perwakilan Gereja dan Masjid di Muara Tami

oleh -222 Dilihat
oleh

Jayapura, 20 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai kasus kedaruratan jantung yang dapat menyebabkan kematian, Dinas Kesehatan Kota Jayapura menyelenggarakan pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) bagi masyarakat di lima distrik, yaitu Jayapura Utara, Jayapura Selatan, Abepura, Heram dan Muara Tami,

Pelatihan yang digelar pada 20 Juni 2024 ini bertempat di Café D, Sante Pemancingan dan Resto Distrik Muaratami, Koya Barat. Acara ini dihadiri oleh perwakilan gereja dan pengurus masjid dari distrik Muara Tami. Narasumber yang hadir dalam pelatihan ini berasal dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura, yakni Bapak Suselo, M.Kep.Ns.Sp.Kep.Mb, Kepala Ruang Jantung Terpadu, dan Bapak Melkisedek Nally, S.Kep.Ns.

Bapak Suselo membawakan materi mengenai penanganan pertama jika terjadi serangan jantung pada pasien yang mengidap penyakit jantung. Sementara itu, Bapak Melkisedek Nally memberikan materi tentang Manajemen Jalan Nafas Selama Resusitasi Jantung Paru kepada para peserta yang hadir.

Abraham Imbiri, salah satu peserta yang hadir dari perwakilan Gereja GPDI (Gereja Pantekosta di Indonesia) El-Gibor, mengungkapkan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Kota Jayapura atas terselenggaranya kegiatan ini. “Materi dalam pelatihan ini sangat baik dan bermanfaat. Saya berharap dari pelatihan ini dapat dibuat langkah atau rencana tindak lanjut, yaitu pembentukan kader bantuan hidup dasar, agar peserta yang hadir dapat mengaplikasikan atau berbagi pengetahuannya kepada warga jemaat di gereja dan masjid,” ujar Abraham.

Pelatihan ini merupakan langkah awal yang penting dalam membekali masyarakat dengan pengetahuan dan keterampilan dasar dalam menangani kasus kedaruratan jantung. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.