Kabupaten Waropen “LULUS” TAS-1 Filariasis

oleh -270 Dilihat
Foto bersama Tim Survei TAS 1 Filariasis Kabupaten Waropen sebelum turun lapangan

WAROPEN PAPUA – Kabupaten Waropen di Provinsi Papua terdiri dari 11 Kecamatan (distrik) yang menaungi 100 kampung, dinyatakan sebagai salah satu kabupaten endemis Filariasis dengan parasit Wucheria bancrofti berdasarkan temuan microfilaria rate (mf rate) sebesar 1,98 % di kampung Sarafambi, Kecamatan Waropen Bawah pada Tahun 2006.

Filariasis telah menginfeksi lebih dari 120 juta orang di dunia; 43 juta diantaranya mengalami kecacatan atau kronis. Indonesia menargetkan menyelesaikan eliminasi Filariasis pada tahun 2027, lebih awal dibandingkan komitmen global 2030. Program Global Eliminasi Filariasis Limfatik (LF) merekomendasikan pemberian obat massal pencegahan (POPM) setahun sekali sampai minimal lima tahun berturut – turut kepada penduduk sasaran di daerah endemis Filariasis sampai penularan terhenti. Evaluasi untuk menilai berhentinya penularan LF dilakukan melalui Survei Penilaian Penularan (TAS) untuk daerah endemis filariasis yang telah menyelesaikan setidaknya lima putaran POPM dengan cakupan pengobatan minimal 65% dari total penduduk dan mf rate <1% di desa sentinel atau desa spot-check.

Dengan jumlah penduduk 169.138 jiwa, Kabupaten Waropen melaksanakan Pengobatan Pencegahan Massal (POPM) Filariasis mulai dari Tahun 2006 sampai dengan Tahun 2021. Pada tahun pertama POPM, cakupan pengobatan Kabupaten Waropen kurang dari 65% namun setelah itu meningkat dengan cakupan minum obat yang cukup baik di tahun-tahun berikutnya yaitu di atas 65%.

Tim survey penilaian penularan Transmission Assessment Survey (TAS) 1 Filariasis terdiri dari staff Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP), Staf Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Staf Dinas Kesehatan Kabupaten Waropen, Staf Puskesmas dan Guru pada tiap sekolah melakukan survey pada beberapa sekolah di Kabupaten Waropen selama 14 hari mulai dari tanggal 4–15 September 2023. Lokasi survei terdiri dari 35 Sekolah Dasar (SD) utama dan 10 SD cadangan.

Foto Tim survei TAS-1 bersama siswa-siswi SDN Dokis Kabupaten Waropen

Hasil survey TAS 1 yaitu dari 40 SD yang terdiri dari 895 siswa-siswi kelas 1 dan 2 yang diperiksa, terdapat 892 sampel negatif sehingga Kabupaten Waropen di nyatakan “LULUS” TAS-1 Tahun 2023.  Pendanaan survey ini bersumber dari WHO (Perwakilan Indonesia: RTIAct to East) Tahun 2023.

 

 

No More Posts Available.

No more pages to load.