Dinas Kesehatan Mamberamo Raya Papua Cegah COVID-19

oleh -260 Dilihat
oleh

Dinkes Papua – Semakin meluasnya penyebaran virus corona disease (COVID-19) di Provinsi Papua menjadi kewaspadan bagi semua pihak, tidak terkecuali bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Mamberamo Raya Provinsi Papua.

Menghadapi kondisi pandemi COVID-19 ini,Pemerintah Kabupaten Mamberamo Raya melalui Dinas Kesehatan Bidang Kesehatan Masyarakat Seksi Penyehatan Lingkungan melakukan gerakan pembagian sarana cuci tangan (SCT) untuk mencegah penyebaran COVID-19 kepada masyarakat.

Melalui pembagian SCT diharapkan dapat mendukung gerakan masyarakat untuk melakukan cuci tangan pakai sabun (CTPS) menggunakan air mengalir. Membiasakan diri untuk melakukan CTPS dengan air mengalir lebih efektif dan relatif lebih murah dan mudah dilakukan utuk pencegahan penularan COVID-19 dibandingkan penggunaan hand sanitizer.

Sebanyak 200 unit sarana cuci tangan yang terdiri dari ember berkran dilengkapi dudukan yang terbuat dari kayu, dibagikan Dinas Kesehatan Mamberamo Raya kepada 450 kepala keluarga (KK) yang tersebar di 3 desa. Dari 3 desa tersebut 2 desa diantaranya merupakan desa penerima program Pamsimas III, yaitu Desa Kasonaweja dan Desa Burmeso di Kecamatan Mamberao Tengah yang merupakan lokasi program Pamsimas tahun 2019, serta Desa Warembori Kecamatan Mamberamo Ilir.

Pembagian SCT dilakukan dalam 3 tahap sepanjang bulan April 2020, yaitu tahap 1 tanggal 10 April 2020 sebanyak 50 unit, tahap 2 tanggal 11 April 2020 sebanyak 50 unit, dan tahap 3 tanggal 16 April 2020 sebanyak 100 unit.

Aksi nyata ini sebagai salah satu bentuk upaya Pemerintah Kabupaten Mamberamo Raya dalam hal ini Dinas Kesehatan, untuk memutuskan mata rantai penyebaran COVID-19 ataupun meminimalisir dampaknya, mengingat kondisi geografis Kabupaten Mamberamo Raya yang sulit, sehingga pencegahan penularan virus ini menjadi perhatian utama.

Gerakan ini sejalan dengan program Pamsimas bidang kesehatan dalam menciptakan lingkungan yang sehat, dengan memasyarakatkan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) melalui Cuci Tangan Pakai Sabun(CTPS) serta mendukung tercapainya kunci keberhasilan utama (KPI) 14 Pamsimas yaitu persentase masyarakat sasaran yang menerapkan program CTPS serta mendukung tercapainya pilar 2 Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yaitu CTPS.

Selain membagikan sarana CTPS, Dinas Kesehatan Kabupaten Mamberamo Raya juga membagikan APD (Alat Pelindung Diri) berupa masker, sarung tangan, dan sabun cuci tangan.

Selain membagikan APD, juga dilakukan kegiatan kampanye CTPS untuk mencegah penyebaran COVID-19 melaui media berupa pembagian stiker langkah-langkah CTPS dan simulasi langkah-langkah CTPS yang baik dan benar kepada masyarakat baik dewasa maupun anak-anak. Kegiatan ini sebagai bagian dari pelaksanaan promosi kesehatan (“Promkes”) dalam menanamkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Cuci Tangan Pakai Sabun adalah perilaku sederhana yang membawa dampak besar bagi kesehatan dan diyakini dapat memutus mata rantai penyebaran COVID-19 (Dorkas A Koebanu-TA STBM Prov Papua/Hartono KS).

Artikel pertama ini tayang di : https://pamsimas.pu.go.id/aksi-nyata-dinas-kesehatan-mamberamo-raya-papua-cegah-covid-19/

No More Posts Available.

No more pages to load.