Zero Doping PON XX 2021 di Tanah Papua

Sosialisasi Doping yang dilakukan PB PON Bidang Kesehatan pada kamis, 2 maret lalu di pimpin oleh dr. Ari Sutopo Sp. KO Sebagai pemateri 1 mengenai pentingnya sosialisasi doping kepada seluruh unsur terkait PON xx 2021 yakni Tim medis, para medis, atlet PON, dokter Tim dan pelatih Tim serta  materi ke-2 yang dibawakan oleh bpk BSc Ellianus Tabuni,Mgr.,MSc  membahas mengenai prasyarat untuk mengikuti PON bagi para atlet maupun seluruh Tim, panitia dan bahkan penonton (bila ada).

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Prov. Papua Dr. Robby Kayame, SKM,M.Kes selaku Koordinator PON Bidang Kesehatan, PB PON Bidang Kesehatan, Perwakiln Atlet PON, KONI, Tim Doping dan LADI.

Adapun pentingnya sosialisasi Doping agar atlet dapat terhindar dari penyalahgunaan obat-obatan doping baik sengaja maupun tidak disengaja.

Untuk mewujudkan zero Doping pada PON XX 2021 Di papua maka sangat penting dilakukan

Sosialisasi anti Doping ke seluruh Provinsi,Pengawasan ketat bagi para Atlet dan Tim oleh LADI yang bekerja sama dengan PB PON serta pemberian Therapeutic Use Exemptions (TUE) kepada para Atlet  oleh dokter TIM sesuai dengan indikasi terkait sejak 6 bulan sebelum pertandingan berlangsung

Surat bebas Covid-19 atau Sertifikat Vaksin Covid-19 serta Memiliki BPJS kesehatan dan ID Card  merupakan Syarat Mutlak semua Atlet dan Tim PON XX 2021 di Papua