Rapat Koordinasi Dalam Rangka Pembahasan Progres Bidang Kesehatan Dan Doping PB PON XX 2021 Papua Dan Peparnas XVI

Rapat yang berlangsung pada Senin, 26 April 2021 Pukul 10.00 WIT di lt.3 Dinas Kesehatan Prov. Papua langsung Dipimpin oleh   Bapak Kepala Dinas Kesehatan Prov. Papua Dr. Robby Kayame, SKM, M.Kes. selaku Koordinator Bidang Kesehatan Dan Doping  dengan dihadiri oleh Pengurus Harian, Koordinator  Klaster dan Sub Koordinator Bidang dengan Anggota Penanggung jawab Teknis

membahas mengenai Progres dari masing-masing Sub Bidang dan Klaster yakni YANKES, Pangan, Surveilans dan Doping. Kesepakatan dan Penandatangan MoU  dari BPJS Kesehatan, MoU dengan Lab DOHA terkait Doping serta MoU dengan Rumah Sakit Rujukan baik Nasional maupun Daerah sedang dalam proses penandatanganan Perjanjian Kerja sama. Koordinasi dengan KEMENKES RI juga tengah dilakukan untuk memfasilitasi kerja  sama tersebut.

Perekrutan Tenaga Medis saat ini tengah dilakukan,melihat perbedaan kebutuhan tenaga Medis disetiap Cabor. Dokter Spesialis sesuai resiko cedera Atlet yang bertanding merupakan kebutuhan utama bagi seluruh Pos Kesehatan disetiap Cabor. Sehingga Pelatihan atau Penyegaran Nakes perlu dilakasanakan. Dalam perencanaannya, Pelatihan tersebut akan diaksanakan pada  Juni/Juli 2021 mendatang.

Farmasi sebagai fasilitator obat-obatan perlu diawasai secara ketat,karena obat-obatan yang akan diberikan kepada para Atlet harus berdasarkan keputusan IDI dan KONI Pusat, mengingat setiap obat yang dikonsumsi tidak boleh memberikan efek Doping.

Terhitung 172 hari sejak senin 26 April 2021 menuju  PON XX 2021 di Papua maka segala persiapan perlu dimatangkan unutk mencapai suskes PON XX di Papua. Sehingga dengan itu koordinasi antar Klaster dan Sub Bidang perlu terus didiskusikan dan dievaluasi sejauh mana progres dan kinerja Bidang Kesehatan dalam kesiapan menopang suksesnya PON XX di Papua. Oelh sebab itu, maka Sinergititas antar Klaster dan  Sub Bidang perlu terus ditingkatkan mengingat semakin mendekati hari H pelaksanaan Pekan Olah Raga Nasional tersebut.