RS Pratama Waropen Terwujud Berkat Kolaborasi DPR dan Dinkes Papua

oleh -300 Dilihat
oleh

Dinkes Papua – Kabupaten Waropen kini bangga memiliki Rumah Sakit (RS) Pratama yang diresmikan pada 2 Mei 2018 setelah melalui proses pembangunan selama tiga tahun. Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Papua, Aloysius Giyai, yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur RSUD Abepura, mengungkapkan bahwa RS Waropen dapat terwujud dalam waktu yang singkat berkat dorongan kuat dari pihak terkait.

Menurut Aloysius, pada tahun 2015, kunjungannya ke Waropen memicu perhatian serius terhadap kebutuhan akan RS di daerah tersebut. Meskipun pada awalnya belum ada jaminan anggaran untuk pembangunan RS, Dinkes Papua bersikeras mencari solusi dengan berbagai cara, termasuk melakukan lobi dan advokasi.

Peran penting anggota DPR asal Papua, Robert Rouw, juga menjadi kunci dalam menggalang dukungan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk menyediakan Dana Alokasi Khusus (DAK) guna mendukung pembangunan RS pratama di beberapa kabupaten di Papua, termasuk Kabupaten Waropen.

Aloysius menjelaskan bahwa keberhasilan pembangunan RS di Papua, termasuk di Waropen, merupakan hasil kolaborasi yang erat antara perwakilan Papua di DPR dan Dinas Kesehatan Papua yang gigih berjuang di berbagai instansi terkait, seperti Kementerian Kesehatan, Bappenas, dan Kementerian Keuangan.

RS Waropen juga dikenal istimewa karena selain representatif, lokasinya yang berada di atas bukit menawarkan panorama laut yang memukau. Dengan kolaborasi yang solid, RS ini menjadi sarana kesehatan yang berarti bagi masyarakat Kabupaten Waropen dan sekitarnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.