Pemkot Jayapura Gelar Pelatihan Kader Posyandu

oleh -222 Dilihat
oleh

Dinkes Papua – Pemerintah Kota Jayapura, melalui Dinas Kesehatan, telah melaksanakan pelatihan kader Posyandu atau Pos Pelayanan Terpadu untuk meningkatkan sumber daya Orang Asli Papua (OAP). Pelatihan ini berlangsung selama lima hari di Hotel Horison Kotaraja, Kota Jayapura, dari 5 hingga 9 September 2023 dengan tema “Ayo ke Posyandu agar ibu dan anak tetap sehat”.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, Ni Nyoman Sri Antari, menyatakan bahwa pelatihan kader Posyandu diikuti oleh 45 orang OAP, terdiri dari 39 kelurahan dan kampung, serta 6 orang dari Dinas Kesehatan. Seluruh peserta merupakan perwakilan dari lima distrik, yang terdiri dari 25 kelurahan dan 14 kampung. Antari menekankan bahwa seluruh peserta hadir secara penuh dan aktif selama pelatihan.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader, sehingga mereka dapat aktif berperan di masyarakat melalui Posyandu untuk meningkatkan derajat kesehatan. Materi pelatihan meliputi keterampilan pengelolaan Posyandu, pelayanan kesehatan bagi bayi, balita, usia sekolah, remaja, hingga usia produktif dan lanjut usia.

Antari menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan berlangsung secara tatap muka dengan total 30 jam pelajaran, yang mencakup 1 materi dasar, 6 materi inti, dan 2 materi penunjang. Selama pelatihan, dilakukan pembelajaran dan praktik yang melibatkan seluruh peserta.

Setelah empat hari pelatihan, diharapkan ilmu yang diperoleh dapat diterapkan di Posyandu masing-masing, khususnya dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, terutama anak balita dan ibu hamil. Antari juga menegaskan peran penting kader Posyandu dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, serta berharap mereka dapat mentransfer ilmu yang didapat kepada Posyandu lainnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.